PERJALANAN PENDIDIKAN NASIONAL
T1. 1. MULAI DARI DIRI
No |
Refleksi |
Respon |
1. |
Pengalaman
apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat
Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)
|
Pengalaman
yang membuat saya merindukan masa sekolah adalah pengalaman menyenangkan dan
indah selama proses pembelajaran bersama teman-teman. Pada waktu itu, kami
satu kelas yang terdiri seluruhnya dari perempuan, sehingga kami sangat dekat
dan sering berbagi kebahagiaan bersama. Contohnya termasuk saat saya
mendapatkan ilmu baru, menemukan minat baru, memahami materi yang disampaikan
oleh guru, menerima pujian dari guru, dan mengikuti kegiatan di sekolah. Selain
itu, lingkungan sekolah yang mendukung dan positif sasngat berperan dalam
pengalaman tersebut. Dukungan dari guru dan seluruh warga sekolah menciptakan
suasana yang nyaman dan aman, membuat saya merasa betah bersekolah. Para guru
yang hangat dan dekat dengan siswa, serta selalu membimbing dan memberikan
dukungan, turut berkontribusi pada pengalaman berharga tersebut. |
2. |
Peristiwa
apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang
pembelajar? |
Peristiwa
yang membuat saya merasa berkembang sebagai seorang pembelajar adalah saat
saya meraih nilai bagus, seperti ketika saya mendapatkan hasil yang memuaskan
dalam pembelajaran keuangan. Meskipun mata pelajaran ini termasuk yang rumit,
pencapaian tersebut memberi saya kepuasan dan kebanggan. Hal ini mencerminkan
kemajuan saya dan memberikan dorongan motivasi untuk terus belajar dan
berkembang. |
3. |
Anda
tentu mempunyai sosok guru idola? Mengapa anda mengidolakannya? |
Saya
tentu memiliki sosok guru idola yang sangat saya kagumi. Beliau adalah
seseorang yang sangat pintar, selalu tersenyum, dan memiliki kemampuan untuk
mengayomi muridnya. Sebagai role mode, beliau benar-benar menjadi
sosok yang dapat dijadikan teladan atau digugu dan ditiru.
Meskipun dekat dengan murid, beliau tetap mampu menjaga rasa hormat dan segan
dari murid. Metode pengajaran beliau sangat interaktif, menyenangkan, dan
mudah dipahami, yang membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan
menyenangkan. |
4. |
Cobalah
anda renungkan selama sekolah dan kuliah, proses belajar apa yang dampaknya
saudara rasakan sampai saat ini? (diharapkan mahasiswa mengungkapkan proses
kognitif dan afektif yang didapat selama belajar) |
Proses belajar yang saya rasakan dampaknya sampai saat ini adalah:
Selama sekolah dan kuliah, saya belajar mengelola waktu dan belajar mandiri melalui proyek individu dan tugas yang memerlukan disiplin yang mengasah keterampilan analitis dan berpikir kritis saya. Saya juga memahami materi rumit, meningkatkan kemampuan kognitif untuk berpikir sistematis dan menyelesaikan masalah, serta memperluas wawasan dan keterampilan pemecahan masalah.
Selama sekolah dan
kuliah, keterlibatan dalam kegiatan kelompok dan organisasi mahasiswa telah
mengembangkan keterampilan sosial dan emosional saya, seperti kerjasama,
komunikasi, dan empati. Serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan rasa
percaya diri saya dalam menghadapi tantangan dan mengambil inisiatif. |
5 |
Mengapa
saya memilih menjadi guru? Dan bagaimana saya menjadi guru yang berpihak pada
peserta didik? |
Saya memilih menjadi guru karena saya suka dengan anak-anak, selain itu mengajar memberikan kepuasan untuk diri saya karena dapat membantu orang lain atau siswa belajar dan berkembang. Saya merasa bahagia ketika mereka membuat perbedaan dan kemajuannya serta mendukung mereka dalam mencapai tujuan mereka. Langkah saya menjadi guru yang berpihak kepada peserta didik adalah:
Saya akan meluangkan waktu untuk memahami latar belakang, minat, kelebihan, dan kekurangan masing-masing siswa, serta menyesuaikan pendekatan pengajaran agar semua siswa merasa diterima dan dihargai tanpa memandang latar belakang atau kemampuan mereka.
Saya akan memperhatikan dan memahami kebutuhan emosional siswa, menciptakan suasana kelas yang aman dan nyaman untuk mereka berbicara, serta memberikan dukungan positif dan umpan balik yang membangun. Selain itu, saya akan mengenali latar belakang dan minat siswa, memastikan mereka merasa diterima dan dihargai, sambil membantu mereka mengembangkan keterampilan sosal dan emosional seperti empati, kerjasama, dan kominikasi.
Saya akan menerapkan berbagai metode pengajaran, seperti visual, auditori, dan kinestetik, serta menyesuaikan materi dan strategi untuk memenuhi berbagai gaya belajar dan kebutuhan siswa, termasuk mereka yang memerlukan dukungan tambahan, guna memastikan semua siswa dapat berpartisipasi dan memahami materi dengan baik.
Saya akan hargai kontribusi dan keunikan setiap siswa dengan memberikan pujian dan pengakuan yang sesuai. Bisa meliputi pengakuan terhadap pencapaian akademik, keterampilan sosial, atau kontribusi positif di dalam kelas.
Saya berusaha untuk
melibatkan orang tua dalam proses pendidikan peserta didik untuk memperkuat
dukunganterhadap keberagaman dan menciptakan hubungan yang kuat antara
sekolah dan rumah. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang mendukung
bagi siswa untuk belajar, karena rumah menjadi tempat belajar siswa selain di
sekolah. |
Komentar
Posting Komentar